Cara Update Blackberry


BB Essex 9650 Datz

BB Essex 9650 Datz

Alhamdulillah, setelah meminang BB essex 9650 sprint, datz langsung punya rencana buat upgrade OS BB datz…

sebelumnya OS BB datz versinya 5.0.0.699

setelah main2 ke forum blackberry di kaskus, datz dapet info kalo OS terbaru udah available, yaitu 5.0.0.983

langsung deh, dengan semangat membara, setelah sukses upgrade firmware nokia n82 datz, BB essex datz pun langsung pengen datz upgrade juga firmwarenya.

buat yang pengen tau OS nya bisa masuk ke options – about. disana tertera info tentang BB anda

sebetulnya BB essex ini udah 0S 6 ready, cuman karena hanya ada versi leaknya (non-resmi), datz nunggu aja sampe ada versi official (resmi) dari RIM, sembari menunggu, ngga ada salahnya pake OS 5 🙂 OS 6 official udah keluar dari sprint… langsung dipake deh di BB essex datz…

cekidot

OS6 @my essex

OS6 @my essex

Beberapa toko HP Blackberry menawarkan service upgrade OS versi 5 dari Rp100.000-Rp250.000. Sarannya jika anda user baru Blackberry, gunakanlah layanan mereka jika memang inginkan upgrade OS 5 biar tidak pusing.

okey, mari kita mulai step-by-step update firmware blackberry ini, pake windows yaa…

1. siapkan Blackberry Desktop Manager, biasanya ada di CD bawaan BB pas kita beli, kalo mau download yang terbaru, silahkan disini

2. download file OS blackberry anda disini atau disini sesuaikan dengan tipe blackberry anda

3. install aja BDM dan OS nya tadi, kalo udah, jangan lupa tuk restart PC nya

4. setelah restart pc, langsung ke windows explorer. C drive -> program files -> common files -> research in motion -> apploader. cari file dengan nama vendor.xml , kalo udah nemu, hapus aja file itu

5. hubungkan BB ke PC, backup semua data BB dengan BDM

6. baca do’a, moga berhasil 😀 , dan download BBSAK disini

7. kalo udah yakin data udah kebackup semua, close BDM, lalu buka BBSAK

8. klik wipe device

9. klao udah, masuk ke Desktop manager akan otomatis detect untuk synchronize data, lalu akan otomatis check for updates yang muncul OS versi terbaru sebagai updates/upgrade, Ikut petunjuk. (kalau tidak terdetect, restart lagi PC dan restart desktop manager.

10. Kalau desktop manager masih tidak mendetect OS baru, tutup desktop manager dan masuk ke tempat hapus vendor xml, (C drive -> program files -> common files -> research in motion -> apploader) klik loader.exe dan ikuti petunjuk.

11. tunggu sampe bener2 terinstall dengan sempurna dan masuk ke home screen, dan voila… BB anda sukses terupdate

12. tinggal setting ulang dan restore semua data yang udah dibackup tadi, andapun punya BB dengan OS terbaru

yang perlu menjadi catatan, Download and Install at your Own Risk. kadang ada OS yang ngga sempurna (biasanya OS leaked), jadi masih ada banyak bug di dalamnya. kalo OS official insya Allah bisa membantu BB anda agar kinerjanya semakin membaik.

Beberapa toko HP Blackberry sebetulnya menawarkan service upgrade OS dari Rp100.000-Rp250.000. Sarannya jika anda user baru Blackberry, gunakanlah layanan mereka jika memang inginkan upgrade OS biar ngga pusing ato bingung. cuman, datz lebi suka coba sendiri daripada dari orang lain… karena, suatu handheld pasti akan punya keunikan dan bikin kita keasyikan sendiri kalo udah bisa ngopreknya…

demikian share dari datz, monggo jika ingin berkomentar 🙂

47 responses to “Cara Update Blackberry

  1. Ping-balik: Review Blackberry Essex 9650 (Sprint) « S-DATZ Haybat's Blog·

  2. saya pake bb bold 9650, dan saya pake sc xl,bm aktf tp knp mau nelpon & terima telpon kadang bisa ,kadang g bisa? tolong kasih infonya

  3. essex saya ternyata IT enable, sehingga gak bisa diinstal OS baru.
    kalau ada rekan yang menemui kendala ini, silahkan pakai software BBSAK untuk menghapus ITenable tersebut.
    Setelah itu silahkan di upgrade, karena DM langsung memberikan pilihan upgrade OS6.
    salam

  4. bro haybat aku d jgja jga bleh g mnt tlg upgrade in os bb sy ke yg trbru??bleh mnta kontak atau email…sy msih os 6 tp yg lma

  5. Gan, seharian ane baca review agan datz n ane salut atas kupasannya. Ada beberapa pertanyaan mengenai essex ane, tolong dijawab ya, ane msh newbie bgt soal bb.
    1. Sebulan lalu ane beli essex lsg upgrade os6 tp g tau versi brp smp akhrnya DM upgrade sendiri ke versi v6.0.0.706 pform 4.4.0.560. Seminggu kmrn ane install ulang pk bbsak tp ane g install games sm bahasa cm eng doang. Aman g kira2 hal ini?
    2. Ane beli essex br, lgkp, smua mirip ky yg difoto agan datz, cm ane br ngeuh seminggu seudahnya kl imei & pin yg kliatan di system software bb beda sama fisik yg tercetak di bagian bawah body. ini brg bm, refurbished, atau apa gan?
    3. Overall, kinerja essex emg ane acungin jempol. cuma emg baterenya hrs diganti sm yg gedean kl g mau capek ngecasnya. Kira2, ada os6 terbaru g yg lebih bgs dr yg ane pk skrg?
    Makasih buat pencerahannya gan, keep posting biar newbie2 ky ane bisa belajar trs.

    • 1. Aman2 aja kok…
      2. Bisa BM, bisa refurbish, soalnya ada yg ga sama… Pnya datz pin sama antara software, cetakan di device, dan cetakan di dus
      3.706 itu udah yang terbaru

      • @ Papih Santo : diganti batere apa yang agak gedean? apa batere khusus BB atau merek laen? boleh tau merek n tipe apa, batere pgantinya? gimana pkembangannya skrg? apa BB nya tetap bisa dpake? thx

  6. kak, klo ngunlock sprint ada code khusus kyk verizon punya gak? soalnya disearching harus beli code buat unlock sprint. trus klo ada, gimana langkah2nya? saya ingetnya waktu masih os 5. skg uda pake 6, jadi pusing heheh

  7. Hallo para maniac essex, ane baru beli essex verizon 9650 wireless ni, ane mau tanya gan, mohon peneranganya ya, ni kndala ane…
    1. Seelah Restart layar awal Hang dan ada loading yg gk selesai2.
    2. charge (Ori) nya masih bisa saat ane oba di Samsung Galaxy ane kn sama tuh tp saat emang d layar essex ane ma terlihat charge itu berfungsi namun arus listrik nya tdk bisa mngsi batteray BB ane tp jika d samsung galaxy ane bagus2 aja, (Made In Mexico)
    bantuin ane gan, baru beli belom seminggu barang BM..

  8. aku berencana pake simpati atau im3, yang murah aja. lagipula kan dah ada wifi, kan? tolong dbantu kasih link untuk bb essex software download? thx.

    kalo indosat n simpati, adanya pilihan produk bb bold 9000 dan 9700. 9650 g ada? rencanaku mau upgrade bdasarkan step yg diajarin mas.

      • udah di upgrade jadi os 6, mas. tapi aku gak tau versinya. n aku gak tau cara ngecek data usage n voice usagenya. gmana cara ngeceknya? aku dah dari option tapi gak ada status data usage n voice usagenya.

  9. aku dah nyoba ke status, tapi kok gak bisa ngetik buyr ya? ni bb ku gak bisa nyala dah 5 jam. batere drop. aku g nyadar kalo baterenya drop.

  10. oya, ternyata punya ku ni os 5, n skrg lgsung ada setelan upgrade os 6. waktu aku mau upgrade, harus login ke bb nya. yg gak aku tau, itu loginnya dari ponsel bb aja langsung bisa? krn aku gak liat sign up atw sign in nya. terus aku masih pake paket bb socialita harian dari telkomsel. dan kalo mau ngilangin proses upgradenya itu, aku gak bisa. jadi aku gak exit tapi gak pernah aku buka aplikasi upgrade itu. pengaruh ke borosnya batre, ya?

    • baca, cermati baik2, udah sangat mudah step by step yang saya kasih…
      sangat runtut…
      kalo masih bingung juga gausah diupgrade, atau diupgrade ke konter aja….
      tutorial upgrade yang ditulis disini via komputer, bukan bb. selain itu, no comment.

  11. mantap reviewnya…
    kalo urusan baterai, wajar lah, 2 kali charge sehari (pemakaian normal bbm + web)

    btw trackpad yang ana punya jg miring…

    • ya dibenerin donk kalo miring…
      punya datz juga miring, tapi gak terlalu…
      bongkar sendiri, tambah ganjel dikit…
      lurus deh… 😀

  12. Tolong bantu cara ngatasi ke aneh an essex ane nih..
    1. Tiba2 handphone panas sendiri
    2. Kamera gak bisa di pake kalo pas lagi panas tulisannya ( kamera tidak bisa di gunakan tutup sebagian aplikasi dulu ) tuh yg nonggol
    3. Kalo pas di telepon yang nelfon gak denger suara ane.
    Tapi semua problem itu bisa handle setelah hard restart..
    Tolong di bantu ya apa ada solusi laen daripada hard restart, kan kalo reobort terus capek…

  13. bb essex kan boros batre. kalo 1 hari ngecass ampe 3x sehari apa ngk cepat gembung tu batree. jawb donk pliss

  14. Waah excited bgt pas baca dats blog’s ini dr atas ampe bawah 😀 ruaarrr biasaa review nya (y)
    Jadi tambah sayang ama bold ini 😀

    Mau sedikit curhat ttg kelemahan bold 9650 verizon yg saia beli, yg masih bergaransi bless .
    Jadi gini, ini hp kga ada documents, games, memo, notes, sama gps nya. Tp di options nya ada tuuh setting-an gps ny.
    Bagaimana yaa cara meng-adakan ke 5 diatas itu di hp saia??
    Kalo kata temen harus install bb desktop dulu, nah tp pas saia coba install selalu gagal terus, ga bisa”.
    Apakah ada solusi lain??

    *mohon bgt dijawab, mumpung masih garansi haha

    Kalo bisa via email aja: izza.brilianti@yahoo.com biar lbh mudah 🙂
    Terima kasih, salam hebaat 😉

  15. Iyaaa sorri 😀
    Ini udah di install bbsak yg.versi 1.9.2 tp ketika mau di buka file nya, ga muncul apa” di layar pc.
    Apa harus download net framework dulu baru bisa dibuka bbsak nya ??
    Padahal update version nya udh tersedia, tinggal update aja -_-
    Wajib di wipe device ya bb nya utk menghilangkan error 507 ?
    Kalo ga di wipe device, dampaknya apa?
    Terima kasih 🙂

  16. selamat siang mas broo

    saya mau tanya aja ni tentang BB 9650 essex

    gini boss baru tadi malam saya beli, di tanggerang baru masih buka segel,
    setelah dimasukin kartu SIMPATI eh ndak bisa check pulsa kok setatusnya pangilan keluar terus ya ndak seperti biasanya.
    ketika *888# tekan Ok, dari operator ngasih pemberitauan
    kalau ini kok setatusnya pangilan keluar mulu…

    jadi susah mau activasi BBM ndak bisa

    mohon bantuanya boss apa ada setingan yang keliru

    solanya tadi malam yang jualan di counter cewek sih mau complain ndak tega

    gitu aja boss Terima kasih

  17. setelah upgrade versi os 6 knapa bb essex saya gak bsa ngcas lg….setrum masuk tapigak nyimpan. tolong solusi nya gan. dah cape pake cas an kodok. ampuuuuuun

Tinggalkan komentar