Review Acmic W10PRO 10000mAh PoweBank


Siapa yang tidak butuh powerbank di zaman yang serba digital seperti sekarang? tentung masing-masing dari pengguna gawai setidaknya mempunyai atau minimal mengetahui apa itu yang dinamakan powerbank. menggunakan powerbank adalah mutlak ketika saat bepergian, baterai habis, dan jauh dari sumber listrik.

Di Indonesia sendiri banyak produsen Powerbank yang berlomba-lomba menawarkan produknya, ada merk yang sudah teruji kualitasnya hingga merk yang tidak jelas/baru di pasaran. semua pasti memiliki kelemahan dan kelebihan tentunya, terutama merk yang tidak jelas, pastilah lebih banyak kekurangannya dibandingkan dengan kelebihannya. yang kali ini mampir di review lab adalah powerbank merk baru di Indonesia yang memiliki berbagai fitur yang menarik, Acmic W10PRO yang mempunyai kapasitas 10000mAh.

langsung saja… mari kita review Acmic W10PRO PowerBank ini…

Paket Pembelian

Powerbank dari Acmic ini memiliki kelengkapan yang cukup lengkap. Saat membeli produk ini, terdapat powerbank Acmic W10PRO, kabel microUSB berukuran pendek, converter lightning dan type-c, manual, buku panduan. Untungnya Acmic sudah menyertakan pre-charged kapasitas baterai dalam paket penjualannya sehingga kita tidak perlu lagi kerepotan untuk melakukan charging awal terlebih dahulu.

Berikut ini adalah spesifikasi Acmic W10PRO yang saya sadur dari website-nya

http://acmicelectronic.com/revoke_portfolio/acmic-w10pro-10000mah-wireless-power-bank/

ACMIC W10PRO
Wireless PowerBank
Real Capacity 10000mAh
with Quick Charge 3.0 + PD Power Delivery
Garansi 18 Bulan Rusak ganti baru

Wireless Charging Output Power 5 Watt (5V ; 1A)

USB Output Technology:
Triple Fast Charging System
1. Fast Charge 12 Watt (5V=2.4A)
2. Qualcomm Quick Charge 3.0 (QC 3.0)
3. TYPE C Power Delivery 18 Watt

Input Technology:
Dual Fast Charging System
1. Qualcomm Quick Charge 3.0 (QC 3.0)
2. TYPE C Power Delivery 18 Watt

Bidirectional Fast Charging input & output

Support Fast Charging iPhone 8 & iPhone X
(50% dalam 30 menit dengan Power Delivery)

Kapasitas = 10.000mAh / 37Wh
Dimensi Ukuran = 147.6 x 74.6 x 19.7mm
Berat = 313gr (Power Bank)
Daya Masuk 1 (Type-C PD Power Delivery) = 5V/2A, 9V/2A, 12V/1.5A
Daya Masuk 2 (Micro USB Quick Charge 3.0) = 5V/2A, 9V/2A, 12V/1.5A
Daya Keluar 1 (USB) = 5V/2.4A (MAX)
Daya Keluar 2 (USB Quick Charge 3.0 ) = 5-6V/3A, 6-9V/2A, 9-12V/1.5A
Daya Keluar 3 (Type-C PD Power Delivery) = 5-6V/3A, 6-9V/2A, 9-12V/1.5A
Daya Keluar Wireless = 5V/1A

Output Slot

Memilih powerbank memang bukan perkara mudah akhir-akhir ini. Banyak dari produsen berlomba-lomba menawarkan kapasitas yang tinggi dengan harga yang murah, namun produk yang mereka tawarkan tidak terjamin sama sekali. Belum lagi dihadapkan oleh merk ternama yang dipalsukan secara masif. Hal ini tentu sangat merugikan bagi konsumen, terutama konsumen awam yang hanya tahu beli dan pakai. Saya memang cukup teliti dalam memilih powerbank, sebelum membeli powerbank alangkah pentingnya melihat sejauh mana merk tersebut kredibel, aspek keamanannya terjamin, fiturnya lengkap, dan yang paling penting adalah keseimbangan rasio antara harga dan performa yang ditawarkan. Saya mencatat ada beberapa merk powerbank yang patut dijadikan acuan saat ingin membeli powerbank untuk tahun 2019 ini untuk pasaran Indonesia, diantaranya adalah Acmic, Anker, Asus, Aukey, Delcell, Hippo, Orico, Samsung, Tronsmart, Uneed, Vivan, Xiaomi, Yoobao dan lain sebagainya. Acmic sendiri adalah produk lokal, sama seperti Delcell, Hippo, Uneed dan Vivan yang khusus untuk pasar Indonesia.

Desain

Design powerbank ini cukup eksklusif dan banyaknya tulisan dan fitur membuatnya sama sekali tidak membosankan, menurut saya. Dengan balutan warna hitam doff dan tombol power dengan empat lampu pasti akan menarik perhatian siapapun yang melihatnya, disamping itu dimensi powerbank ini cukup ramping. namun sayang, body doff nya yang elegan itu cukup mudah meninggalkan sidik jari dan powerbank terasa sedikit “kosong”. Fitur unggulan dari powerbank ini adalah tersedianya wireless charging dengan standar Qi di bagian depan. Acmic W10PRO memiliki kapasitas 10000 mAh (milliAmp-hours) @ 3.7V. Alasan saya menyatakan “@ 3.7V” adalah karena kapasitas powerbank selalu kombinasi dari dua angka, Ah (atau mAh) dan tegangan atau voltase. Itulah mengapa anda tidak akan pernah mendapatkan kapasitas powerbank 10000 mAh memiliki keluaran 10000 mAh karena ada konversi dari 3.7V ke 5V (output yang biasanya dipakai USB ponsel). Ada banyak rumus, namun yang paling sering saya gunakan adalah rumus ACTUAL 5V mAh = 3.7 X Advertised Capacity / 5 atau dalam kasus ini adalah 3.7 x 10000 / 5 = 7400mAh. Ada juga rumus lain menggunakan conversion rate namun akan lebih rumit. Jadi secara teoritis Acmic W10PRO memiliki kapasitas total kurang lebih 7400 mAh.

QC Output

Powerbank ini dilengkapi dengan dual input, dual output termasuk wireless charging, dimana untuk input dapat menggunakan Micro USB dan Type-C. Sedangkan kedua output menggunakan standar USB. Dilengkapi dengan teknologi Power Delivery dan Qualcomm Quick Charge 3.0 yang dapat mendeteksi berapa ampere yang diminta oleh gawai dan menyesuaikan ampere yang diperlukan.

Tes yang saya lakukan adalah melakukan pengisian Huawei P20 Pro yang memiliki baterai 4000mAh dan Xiaomi Mi6 yang memiliki kapasitas 3350 mAh. selain itu gawai yang coba saya charge menggunakan powerbank ini adalah iPhone XR dengan menggunakan wireless charge. Dari kedua output USB dapat dipastikan voltase yang dikeluarkan cukup stabil di angka 4.96 – 9.01 volt. Sedangkan untuk ampere akan menyesuaikan yang diminta oleh gawai tersebut. Output yang digunakan mayoritas stabil antara 1.05-2,82 ampere. Hal ini termasuk juga pengaruh kabel data yang dipakai dan gawai yang akan di charge.

Huawei P20 Pro = 4000 mAh

Xiaomi Mi 6 = 3350 mAh

iPhone XR = 2950 mAh

Powerbank ini mampu mengisi iPhone XR hingga 90% meskipun memakan waktu sampai 3 jam dari 20% sampai 90% menggunakan wireless charge. Mampu juga mengisi Xiaomi Mi 6 hingga 100% dan sisanya hanya mampu mengisi 40% dari Huawei P20 Pro. Semua gawai di-charge dalam kapasitas 20%.

Wireless Charge

Pada saat pengetesan saya memakai kabel bawaan Acmic dan kabel data dari Orico, tester voltase dan ampere saya menggunakan merk xtar dan generic. Hasil yang cukup baik ditunjukkan oleh powerbank ini karena sanggup mengeluarkan keluaran sebesar 7400 mAh. sedangkan untuk input dari powerbank ini, MicroUSB nya dapat meminta 1,80 ampere maksimal input dan 1,9 ampere maksimal untuk Type-C portnya. jika anda mengisi powerbank ini dengan charger maksimal 1 A, anda akan memerlukan waktu 6-7 jam dari 1-100% untuk mengisi daya powerbank ini.

Saatnya menarik kesimpulan mengenai Review dan Kelebihan – Kelemahan Powerbank Acmic W10PRO ini.

Kelebihan Powerbank Acmic W10PRO ini adalah…

  1. Bonus lengkap
  2. Input/Output support fast charge
  3. Kualitas material bagus
  4. Conversion rate cukup tinggi
  5. Wireless Charge

Kelemahan Powerbank Acmic W10PRO ini adalah…

  1. Agak mahal dibandingkan powerbank non-wireless
  2. Bodi powebank terasa “kosong”
  3. Proses charging wireless yang sangat lama
  4. Harus tekan tombol Power saat menggunakan

Demikian review sederhana yang bisa saya buat… jika anda ingin berbagi pengalaman, ingin bertanya atau sekedar sharing silahkan tinggalkan komentar, saya akan berusaha jawab semampu saya… 🙂
Terima kasih sudah mampir dan baca-baca di blog saya, Sadat Haybat Kannaby… dan semoga Review / Hands On Review Powerbank Acmic W10PRO ini bermanfaat untuk kita semua, tekan like jika anda suka postingan di blog saya, klik iklan yang muncul karena semua yang ada di blog ini menggunakan finansial pribadi, dan sampai jumpa di tulisan-tulisan saya yang akan datang… 🙂

Tinggalkan komentar